Beberapa Cara Menghidari Cedera Saat Berolahraga

Standard

Agar kita mendapatkan hasil dari olahraga yang kita lakukan, ada beberapa tips untuk menghindari cedera saat olahraga.

Berikut adalah panduan olahraga agar kegiatan olahfisik ini tidak menimbulkan cedera.

1. Selalu lakukan pemanasan

Melakukan pemanasan 5 – 10 menit sebelum berolahraga agar membuat aliran darah menjadi lancar, menaikkan temperatut otot – otot agar kita pun dapat bernafas lebih cepat. Hal ini juga membuat tubuh beradaptasi mengikuti segala gerakan yang kita lakukan.

2. Program yang progresif

Ketahui tingkat kebugaran anda, dan buatlah program untuk berolahraga.Lalu secara bertahap tingkapkan intensitas dan durasi dalam melakukan olahraga.

3. Hindari olahraga berlebihan

Karena orang mengikuti target penurunan berat badan, terkadang ia melakukan olahraga secara berlebihan agar lebih cepa prosesnya. Jelas ini bukan cara melakukan olahraga yang baik. Berolahragalah sesuai dengan kemampuan anda. Bukan kesegaran dan kebugaran yang anda dapat tetapi hanya lelah yang didapat.

4. Hindari berolahraga dalam sakit

Jangan berolahraga jika anda merasa kurang enak badan apalagi sakit. Mungkin niat anda agar dapat merasa fresh. Mungkin anda bertambah sakit. Bila sudah sembuh, lakukan olahraga secara bertahap agar perlahan – lahan mengembalikan kekuatan tubuh setelah sakit.

5. Cukupi kebutuhan cairan

Perbanyaklah minum pada saat berolahraga karena tubuh akan membutuhkan banyak cairan. Lagipula mengkonsumsi banyak cairan akan menghindarkan diri dari dehidrasi dalam berolahraga.

6. Beristirahat setelah berolahraga

Dinginkan diri anda setelah anda melakukan olahraga. Olahraga dapat membuat otot – otot anda menjadi kencang dan hal ini rentan sekali akan cedera. Oleh karena itu selesai berolahraga lakukanlah peregangan yang cukup untuk menjaga kelenturan otot.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s